Cerita Pengalaman dan Tips Part-Time saat Kuliah di Jogja (Part 3)

Halo teman-teman kita lanjut lagi nih..
Selama kerja, ada banyak banget yang aku pelajari. Nggak hanya soal teknis jadi karyawan, tapi juga tentang kehidupan #ea

Aku coba runut satu-persatu ya, beberapa hal mungkin nggak bisa aku cantumin disini secara detail karena privasi, tapi semoga aja kalian bisa nangkep apa maksud aku.

Pas awal-awal masuk, aku belajar teknis dari jobdesk aku. Ngapalin menu sampai cara ngerekap saat closing. Disini aku bersyukur banget punya rekan kerja yang super sangat baik. Sabar banget ngajarin satu-persatu. Nah, aku bersyukurnya itu, dapet lingkungan yang supportive. Nggak cuma di awal-awal aja, tapi selalu baik bahkan sampe sekarang (dah nggak satu tempat kerja). Nah, kalo misal ditempat kalian kerja nanti temen-temennya kurang friendly (semoga sih enggak ya), aku nggak bisa kasih banyak saran nih selain 'sabar' wkwk.

Sebagai front-liner (garis terdepan wkwk) suatu perusahaan (anggep aja perusahaan), bakalan ketemu sama pelanggan yang modelannya macem-macem. Pokoknya beragam banget. Dan kita disini tetep harus dituntut profesional. Nggak boleh pandang bulu. Harus melayani dengan cara yang sama. Harus sabar juga kalo misal dimarah-marahin.

Terus kalo nanti ada konflik internal nih, misal antar karyawan, sebisa mungkin kita netral ya guys wkwk. Karena nggak enak banget kalo kerja tapi musuh-musuhan.

Oh iya, yang terpenting itu sebenernya komunikasi sih. Untuk menghindari kesalahpahaman. Kayak misal nih, aku ada shift jam 4 sore. Eh tiba-tiba dosen ngasih kelas pengganti sampai jam 5 sore. Nah disitu aku ngehubungin temen aku, yang harusnya shift-nya selesai jam 4 tadi sama temen shift yang harusnya ngeshift bareng aku. Minta maaf karena dia jadi nge-shift sendirian. Ngabarinnya jangan mendadak juga ya guys. Segera setelah kamu dapet informasi, langsung kabarin orang yang bersangkutan. Mereka insyaAllah ngerti kok.

Nah, sekarang aku mau ngerekap apa aja yang harus dipersiapkan dan diperhatiin kalo kamu mau daftar atau ikut kerja paruh waktu alias part-time.

1. Lihat jadwal kuliah dan kesibukan lain

    Kira-kira nih sanggup nggak buat ngeluangin waktu kerja di tempat orang. Nanti ketabrak jam kuliah nggak. Kalo aku kemarin part-time pas semester 1-2, yang lumayan masih selo atau longgar. Belum banyak tugas juga. Dan aku cuma ikut 2 organisasi yang nggak terlalu banyak kegiatan. Karena kamu harus komitmen kalo mau kerja. Jangan cuma semangat di awal doang. Harus bisa tanggung jawab dengan keputusan yang udah kamu ambil.

2. Research kecil-kecilan info part-time dan jenis usahanya

    Ini penting banget. Setelah memutuskan buat kerja part-time, kita harus tau tempat kerja kita nanti kayak apa. Jangan asal daftar part-time. Sesuaikan dengan kemampuan. Cari tau info tentang usaha itu. Dimana tempatnya, produknya apa, jobdesknya apa, sistemnya gimana, jam kerja, gaji, kontrak, dan lain-lain. Informasi ini bisa kalian dapetin dengan cara cek sosial medianya, hubungi contact person, datengin langsung ke lokasi, atau tanya orang lain yang tau tentang usaha itu.

3. Ikuti prosedur dan sistem di tempat kerja

    Kalo disuruh kirim berkas ya dikirim lengkap. Buktikan kalo kamu niat kerja. Jangan asal-asalan. Ikuti semua prosesnya. Misal mulai dari tahap administrasi sampai interview. Jaga attitude juga. Nggak cuma pas interview tapi seterusnya. Dimanapun harus jaga sikap. Jangan sembrono. Apalagi mahasiswa perantauan yang mungkin culture-nya sedikit beda dengan yang sekarang.

4. Hindari konflik antar karyawan

    Kalo kamu ada perbedaan pendapat sama rekan kerja kamu, komunikasiin dengan baik. Jangan langsung emosi atau berpikiran pendek. Terus, kalo misal temen kamu ada yang berantem, usahakan jangan condong ke satu sisi. Coba lerai atau ikut mencari jalan keluar. Jadi, walaupun kamu netral nggak mihak manapun, kamu juga nggak ignorant sama lingkungan kamu.

5. Jangan lupakan hak kamu sebagai karyawan

    Beberapa orang ada yang terlalu fokus ke tanggungjawab. Melakukan semua yang terbaik pada pekerjaannya. Tapi kadang, malah menerima haknya dengan tidak maksimal. Dan males buat debat atau komplain. Misalnya nih, si A udah kerja lembur. Tapi gajinya tetep, padahal harusnya nambah sekian. Nah, kalo kayak gini jangan diem aja. Komunikasikan ke yang ngasih gaji. Nggak harus langsung bos, karena bisa jadi ada salah paham antara kamu dan divisi yang ngasih gaji. Jadi urut gitu, komunikasikan ke yang paling bersangkutan dulu. Baru kalo belum solve juga, komunikasikan dengan pihak lain yang juga masih berhubungan. Jadi, masalah bisa teratasi secara terstruktur dan nggak langsung jadi gede. No drama-drama club ya guys.

Nah mungkin itu aja sih yang bisa aku bagiin untuk kali ini. Pikirin mateng-mateng sebelum memutuskan kuliah sambil kerja ya guys. Kerja nggak melulu part-time kok. Kalian bisa freelance juga, atau bikin usaha sendiri. Gimana baiknya aja sih. Kalian yang lebih tau kan hehe.

Juga, jangan lupakan kewajiban kita sebagai mahasiswa yaitu belajar dan nyelesaiin studi. Bikin bangga orang tua. Part-time bisa jadi salah satu pilihan buat belajar terjun ke dunia kerja, cari penghasilan tambahan, dan bahkan networking.

Tetep semangat dan semoga ini bermanfaat yah. Thank you sudah menyimak sampai akhir :)

Comments

Popular Posts

goodbyes

do your best and shine anyway~

sepasang sepatu